Pengaruh Rootone F dan Pupuk Bayfolan terhadap Pembentukan Akar dan Pertumbuhan Anakan Salak Pondoh (Salacca edulis Reinw.)

  • Dessi Gustini
  • Siti Fatonah
  • Sujarwati Sujarwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rootone F dan pupuk Bayfolanterhadap pembentukan akar dan pertumbuhan anakan salah pondoh. Penelitian terdiri dari dua faktoryang disusun secara arak lengkap. Faktor pertama adalah konsentrasi Rootone F yang terdiri dari empattaraf (0, 50, 100 and 150 mg/anakan). Faktor kedua adalah konsentrasi pupuk cair Bayfolan yang terdiridari 4 taraf (0; 1,5; 3 and 4,5 ml/l). Rootone F diberikan dalam bentuk pasta dan dioleskan pada bagianpangkal batang pada saat awal perlakuan. Pupuk Bayfolan diberikan dengan cara penyemprotan keseluruh bagian tanaman dengan frekuensi pemberian seminggu sekali. Interaksi antara Rootone F danBayfolan berpengaruh nyata terhadap jumlah akar dan luas daun. Pembentukan akar, tinggi anakan danluas daun tertinggi didapatkan pada anakan yang mendapatkan perlakuan 150 mg/anakan Rootone Fdan 4,5 ml/L Bayfolan.
Published
2013-02-13
How to Cite
GUSTINI, Dessi; FATONAH, Siti; SUJARWATI, Sujarwati. Pengaruh Rootone F dan Pupuk Bayfolan terhadap Pembentukan Akar dan Pertumbuhan Anakan Salak Pondoh (Salacca edulis Reinw.). Biospecies, [S.l.], v. 5, n. 1, feb. 2013. ISSN 1979-0902. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/biospecies/article/view/693>. Date accessed: 19 nov. 2017.
Section
Articles