Optimalisasi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Belajar di SMA Swasta Pelita Raya Kota Jambi

Authors

  • Mohamad Muspawi Prodi Administrasi Pendidikan, Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
  • Peavey Resa Claudia Prodi Administrasi Pendidikan, Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssh.v2i2.5935

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sarana dan prasarana belajar yang dimiliki serta pemanfaatan sarana dan prasarana oleh guru dan kualitas sarana dan prasarana di SMA Swasta Pelita Raya Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) yaitu suatu metode yang bertujuan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Objek penelitian ini meliputi berbagai pihak, yaitu kepala sekolah, waka bidang sarana dan prasarana, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan sarana dan prasarana belajar di SMA Swasta Pelita Raya sudah memenuhi standar, guru telah memanfaatkan sarana dan prasarana belajar untuk menunjang kegiatan belajar mengajar menjadi efektif serta memudahkan guru memberikan materi pelajaran kepada siswa, akan tetapi ditemukan kendala dalam hal pembaharuan, ada beberapa sarana dan prasarana sudah tidak layak pakai tetapi belum diperbaharui oleh pihak sekolah, hal ini menyebabkan terkendalanya guru dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar memberikan perhatian maksimal terhadap keadaan ruang kelas dan cepat dalam memperbaiki sarana dan prasarana belajar di kelas yang sudah tidak layak agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-07 — Updated on 2018-12-07

Versions