PENGARUH BELANJA MODAL, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN JUMLAH PENDUDUK MISKIN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAMBI

  • Etik Umiyati Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi
  • Amril Amril Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi
  • Zulfanetti Zulfanetti Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja modal, pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk miskin terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dengan jenis data sekunder yang meliputi data time series tahun 2009-2013 dan data cross section untuk sembilan kabupaten dan satu kota di Provinsi Jambi. Hasil regresi data panel menunjukkan bahwa belanja modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM. Kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM. Pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap IPM Dari uji Chow dan Uji Hausman maka dapat disimpulkan  bahwa metode estimasi parameter  yang tepat dalam data penelitian ini adalah dengan menggunakan Fixed Effect Model.

Author Biographies

Etik Umiyati, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Amril Amril, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Zulfanetti Zulfanetti, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Published
2017-06-15
How to Cite
UMIYATI, Etik; AMRIL, Amril; ZULFANETTI, Zulfanetti. PENGARUH BELANJA MODAL, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN JUMLAH PENDUDUK MISKIN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAMBI. JURNAL SAINS SOSIO HUMANIORA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 29-37, june 2017. ISSN 2580-2305. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/JSSH/article/view/3764>. Date accessed: 22 sep. 2017.
Section
Sains Sosiohumaniora