PENGARUH KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KUALITAS MANAJER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL

STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DI PROVINSI JAMBI

  • Netty Herawaty Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Abstract

Judul penelitian ini adalah pengaruh kualitas informasi akuntansi manajemen dan kualitas manajer dalam pengambilan keputusan terhadap kinerja manajerial (studi pada rumah sakit umum di Propinsi Jambi). Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kualitas informasi akuntansi manajemen dan kualitas manajer terhadap kinerja manajerial secara parsial dan simultan melalui pengambilan keputusan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Propinsi Jambi. Metode penelitian menggunakan analisis path dengan dua belasĀ  RSUD di Propinsi Jambi sebagai populasi. Responden dalam penelitian ini adalah kepala bagian di RSUD Propinsi Jambi. Peneliti telah melakukan penyebaran kuesioner ke seluruh responden dengan menemui langsung responden. Jumlah populasi sebanyak 53 orang dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi akuntansi manajemen berpengaruh secara langsung terhadap kinerja manajerial tanpa pengambilan keputusan. Kualitas manajer berpengaruh terhadap kinerja manajerial secara langsung dan tidak langsung (melalui pengambilan keputusan). Kualitas informasi akuntansi manajemen dan kualitas manajer dalam pengambilan keputusan berpengaruh terhadap kinerja manajer secara simultan.

Author Biography

Netty Herawaty, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Published
2017-06-08
How to Cite
HERAWATY, Netty. PENGARUH KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KUALITAS MANAJER DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL. JURNAL SAINS SOSIO HUMANIORA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 106-117, june 2017. ISSN 2580-2305. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/JSSH/article/view/3720>. Date accessed: 24 sep. 2017.
Section
Sains Sosiohumaniora