ANALISIS DETERMINAN SOSIAL EKONOMI PERJALANAN WISATA PENDUDUK DALAM RANGKA PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA DI PROVINSI JAMBI

  • Amril Amril Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi
  • Yulmardi Yulmardi Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi
  • Hardiani Hardiani Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Abstract

Provinsi Jambi adalah satu daerah di Indonesia dengan potensi kepariwisataan yang relatif beragam. Agar potensi kepariwisataan tersebut dapat berkembang menjadi industri pariwisata yang mampu mendukung pembangunan daerah, maka pemerintah daerah dan stakeholder kepariwisataan terkait perlu memahami berbagai aspek baik karakteristik wisatawan maupun faktor-faktor yang mempengaruhi perjalanan wisata dari masyarakat. Hal ini bertujuan agar dalam menyusun strategi kepariwisataannya dapat lebih efektif menarik wisatawan melakukan perjalanan ke objek-objek wisata di Provinsi Jambi. Untuk menganalisis karakteristik  perjalanan penduduk, dan karakteristik individu wisatawan dilakukan secara deskriptif melalui pengolahan “raw data” Susenas Provinsi Jambi Tahun 2015. Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perjalanan wisata penduduk digunakan model regresi binary logistik. Hasil penelitian menemukan: 1). Secara umum, aktivitas perjalanan penduduk di Provinsi Jambi masih relatif rendah. Hanya 14,14 persen dari total penduduk yang pernah melakukan perjalanan dalam enam bulan terakhir dari saat pencacahan SUSENAS 2016; 2)  Selain rendahnya aktivitas perjalanan tersebut, aktivitas perjalanan untuk wisata juga masih relatif terbatas. Hanya 17,79 persen dari total penduduk yang melakukan perjalanan, yang maksud utamanya untuk berwisata; 3) Objek tujuan wisata penduduk Provinsi Jambi didominasi oleh objek wisata yang ada di Provinsi Jambi sendiri, selain objek wisata yang ada di provinsi-provinsi yang berdekatan yaitu Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Bengkulu; 4). Karakteristik perjalanan wisata penduduk di Provinsi Jambi adalah perjalanan wisata keluarga, sehingga dari karakteristiknya terlihat bahwa relatif dominannya anak-anak dan orang tua dalam melakukan perjalanan wisata. Sebaliknya, relatif sedikitnya penduduk pada usia puncak produksi (20 – 39 tahun) yang melakukan perjalanan wisata; 5) Faktor-faktor sosial ekonomi yang berpengaruh nyata terhadap perjalanan wisata penduduk di Provinsi Jambi adalah umur, pendidikan dan status dalam keluarga. Selain itu, terdapat perbedaan probabilita perjalanan penduduk untuk wisata antara kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Author Biographies

Amril Amril, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Yulmardi Yulmardi, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Hardiani Hardiani, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Published
2017-06-08
How to Cite
AMRIL, Amril; YULMARDI, Yulmardi; HARDIANI, Hardiani. ANALISIS DETERMINAN SOSIAL EKONOMI PERJALANAN WISATA PENDUDUK DALAM RANGKA PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA DI PROVINSI JAMBI. JURNAL SAINS SOSIO HUMANIORA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 90-105, june 2017. ISSN 2580-2305. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/JSSH/article/view/3719>. Date accessed: 19 nov. 2017.
Section
Sains Sosiohumaniora