DAMPAK PENINGKATAN PENGELUARAN KONSUMSI SEKTOR RUMAH TANGGA DAN PENGELUARAN SEKTOR PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROPINSI JAMBI

  • Syaifuddin Syaifuddin Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi
  • Adi Bhakti Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi
  • Rahma Nurjanah Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut. Pertama, untuk mengetahui dan menganalisis gambaran perkembangan pengeluaran konsumsi sektor rumah tangga dan pengeluaran sektor pemerintah dalam perekonomian Propinsi Jambi periode 2000-2013. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis pertumbuhan ekonomi di Propinsi Jambi periode 2000-2013 serta ketiga, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh peningkatan pengeluaran konsumsi sektor rumah tangga dan pengeluaran sektor pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi Propinsi Jambi periode 2000-2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder periode waktu 2000-2013, yang bersumber dari berbagai publikasi BPS Propinsi Jambi yaitu PDRB Propinsi Jambi menurut penggunaannya periode 2001-2005, 2005-2009 serta 2009-2013. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari metode deskriptif dan metode kuantitatif dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran konsumsi sektor rumah tangga dalam perekonomian Propinsi Jambi periode 2001-2013 selalu meningkat setiap tahunnya dengan peningkatan rata-rata sebesar 20,03 persen pertahun. Sementara itu secara individual baik variabel pengeluaran konsumsi sektor rumah tangga maupun variabel pengeluaran sektor pemerintah juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi Propinsi Jambi. Dengan demikian hipotesis yang diajukan baik secara bersama-sama maupun secara individual adalah tidak benar dan tidak terbukti.

Author Biographies

Syaifuddin Syaifuddin, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Adi Bhakti, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Rahma Nurjanah, Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi

Published
2017-06-08
How to Cite
SYAIFUDDIN, Syaifuddin; BHAKTI, Adi; NURJANAH, Rahma. DAMPAK PENINGKATAN PENGELUARAN KONSUMSI SEKTOR RUMAH TANGGA DAN PENGELUARAN SEKTOR PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROPINSI JAMBI. JURNAL SAINS SOSIO HUMANIORA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 66-78, june 2017. ISSN 2580-2305. Available at: <https://online-journal.unja.ac.id/index.php/JSSH/article/view/3717>. Date accessed: 22 sep. 2017.
Section
Sains Sosiohumaniora