PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK SISWA SMA KELAS XI

  • Deby Claudia Masyithah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing materi fluida dinamis untuk SMA kelas XI yang valid dan layak digunakan dan untuk mengetahui persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini hanya sampai pada tahapan Development. Adapun tahap pengembangan pada penelitian ini terdiri dari validasi permasalahan, menemukan tujuan instruksional, menganalisis siswa, mengidentifikasi sumber yang tersedia, menemukan sistem yang berpotensi, menyusun rencana pengembangan, melakukan inventarisasi tugas, menyusun tampilan objek, strategi pengujian, menghitung investasi, menghasilkan konten, memilih atau mengembangkan media yang mendukung, mengembangkan media untuk siswa, menyusun revisi berkala. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4  SMAN 1 Kuala Tungkal. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli dan angket persepsi siswa. Data hasil validasi dan data hasil persepsi siswa dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif menggunakan persentase sub variabel dengan pengkategorian. Hasil penelitian ini adalah multimedia fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing. Spesifikasi produk yang terdapat pada multimedia ini yaitu format dari program swf dan exe, produk dalam bentuk CD yang di dalamnya terdapat teks, gambar, video, animasi dan simulasi. Setelah dilakukan validasi maka dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji persepsi siswa terhadap aspek pendidikan 86% (sangat baik), aspek tampilan program 86% (sangat baik), dan aspek kualitas teknis 85,33% (sangat baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa multimedia fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida dinamis untuk SMA kelas XI valid dan layak digunakan. Untuk melihat keefektifan dari multimedia yang telah dikembangkan, diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan uji coba penggunaan multimedia di kelas.

 Kata Kunci: Media Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Fluida Dinamis

Published
2017-10-20