Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi

  • Alwan Alwan malang

Abstract

Tujuan penelitian dilaksanakan adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong siswa MIA SMA Negeri mengikuti bimbingan belajar luar Sekolah di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI, dan XII jurusan MIA pada SMAN 1 Kota Jambi, SMAN 5 Kota Jambi dan SMAN 10 Kota Jambi dengan jumlah 592 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Disproportionate Stratified Random Sampling dengan ukuran 35% dari populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Faktor-faktor yang mendorong siswa mengikuti bimbingan belajar luar sekolah ada 4 yaitu subjektif, lembaga, sekolah dan keluarga. Faktor subjektif adalah merasa penguasaan kompetensi belajar kurang dari standar kelulusan, ingin mendapat nilai lebih bagus dan ingin masuk perguruan tinggi favorit. Faktor lembaga adalah paket belajar sesuai kebutuhan, jaminan pasca pembelajaran, literatur yang memadai dan kredibilitas lembaga yang baik. Faktor sekolah adalah dorongan guru, waktu belajar di sekolah terbatas, ajakan teman sekolah dan sarana prasarana belajar kurang memadai. Dan faktor keluarga adalah kemampuan finansial, tidak bisa belajar di rumah dengan baik, waktu belajar di rumah kurang dan dorongan orang tua. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mendorong siswa mengikuti bimbingan belajar luar sekolah yaitu subjektif 4,19 dalam kriteria setuju, lembaga 3,55 dalam kriteria setuju, sekolah 3,14 dalam kriteria ragu-ragu dan keluarga 3,13 dalam kriteria ragu-ragu.

Published
2017-10-20