Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.

Author Guidelines

Naskah yang diterima berupa hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang peternakan dan belum pernah diterbitkan dalam publikasi ilmiah manapun yang dinyatakan dengan SURAT PENYATAAN dalam form terlampir. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Penulis mengirimkan naskah dalam bentuk soft copy atau berkas elektronik melalui e-mail. Jadual penerbitan adalah bulan Maret dan September.

Huruf standar yang digunakan untuk penulisan adalah Times New Roman 12. Naskah ditulis dengan jarak 1,5 spasi, kecuali judul, abstrak, tabel (judul, tubuh, dan keterangan), dan judul gambar diketik 1 spasi. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan pias pada keempat sisi adalah 3 cm dengan jumlah 10-15 halaman termasuk ilustrasi yang mendukung naskah. Naskah diketik menggunakan program aplikasi pengolah kata (Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer) dan diberi nomor halaman dan nomor baris.

Naskah disusun dengan urutan: judul, nama penulis, nama instansi setiap penulis, abstrak, pendahuluan, materi dan metodeataumetode (khusus untuk sosial ekonomi), hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (kalau ada), sertadaftar pustaka.

Judul harus singkat dan tidak melebihi 15 kata, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar dan setiap penulis dilengkapi dengan alamat email.

Nama institusi ditulis untuk seluruh penulis. Urutan nama Penulis didasarkan pada kontribusi setiap orang yang terlibat dalam penelitian.

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris untuk naskah berbahasa Indonesia dan dalam Bahasa Indonesia untuk naskah berbahasa Inggris, tidak melebihi 200 kata dan dalam satu paragraf. Abstrak menggambarkan esensi naskah yang memuat latar belakang, metode, hasil dan kesimpulan. Kata kunci (key words) maksimal 5 (lima) kata atau frasa ditulis 2 spasi setelah abstrak dan dicetak miring.

Pendahuluan ditulis secara singkat tetapi dapat menggambarkan latar belakang penelitian, tujuan dan tinjauan pustaka yang mendukung.

Materi dan Metode ditulis lengkap dan rinci sehingga dapat diulang oleh peneliti lain (kecuali metode yang telah baku digunakan cukup ditulis nama metode dan referensinya). Metode yang merujuk pada prosedur kerja orang lain harus disebutkan secara tegas.

Hasil dan Pembahasan memuat hasil penelitian yang telah diinterprestasikan dan dibandingkan dengan hasil penelitian lain yang pernah dilakukan.

Kesimpulan bersifat umum yang menjawab tujuan penelitian dan bukan ringkasan hasil penelitian.

Ilustrasi dapat berupa tabel, diagram, grafik, foto atau gambar yang membantu menjelaskan proses dan hasil penelitian. Data yang terdapat pada ilustrasi harus disertai dengan ukuran penyebaran data (standar deviasi, standar error atau coefficient variation). Ilustrasi harus dapat dimengerti tanpa membaca teks secara menyeluruh (independen). Setiap singkatan atau simbol yang digunakan dalam ilustrasi harus diberi keterangan sebagai penjelasan.

Tabel, diagram atau grafik harus dapat disunting dan dihindari penggunaan beberapa warna, kecuali warna hitam dan masih terbaca jika ukuran diperkecil hingga 50%.

Pustaka menggunakan referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka jurnal ilmiah diatas 60%. Pustaka yang digunakan adalah pustaka primer (jurnal, disertasi, tesis) yang relevan. Tidak direkomendasikan menggunakan skripsi, pustaka anonim, dan mensitasi suatu sitasi sebagai bahan pustaka.

Daftar Pustaka disusun menurut abjad pengarang dan tahun penerbitan. Penulisan pustaka berupa buku: dicantumkan semua nama penulis, tahun, judul buku, penerbit dan kota tempat terbit. Penulisan pustaka berupa jurnal: dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, nomor publikasi dan halaman. Artikel dalam buku dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, editor, judul buku, penerbit dan tempat.

Penyingkatan nama jurnal harus sesuai dengan aturan baku yang berlaku. Beberapa contoh penulisan sumber acuan adalah sebagai berikut:

Buku

Maheswari R. 2005. Fungi: Experimental Models in Biology. Taylor and Francis. Boca Rotan.

Theron M.M. and J.F.R. Lues. 2011. Organic Acids and Food Preservation. CRC Press. Boca Raton.

Jurnal

Abdou, A.R., E.Y. Eid, A.M. El-Essawy, A.M. Fayed, H.G. Helal and H.M. El-Shaer. 2011.Effect of feeding different sources of energy on performance of goats fed saltbush in Sinai.J. American Sci. 7:1040-1050.

Budisatria I.G.S., H.M.J. Udo, C.H.A.M. Eilers,  E. Baliarti and A.J. van der Zijpp. 2010. Preferences for sheep or goats in Indonesia. Small Rumin. Res. 88:16-22.

Artikel dalam Buku

Acedo-Rico J., J. Méndez and G. Santomá.  2010. Feed manufacturing. In: C. de Blas and J. Wiseman, editor.  Nutrition of The Rabbit 2nd edition. CAB International. Oxfordshire.

Gervais P. 2008. Water relations in solid state fermentation. In: Pandey A, C.R. Soccol, C. Larroche, editor. Current Developments in Solid-State Fermentation. Asiatech Publisher Inc. New Delhi.

Tesis atau Disertasi

Yatno. 2009. Isolasi Protein Bungkil Inti Sawit dan Kajian Nilai Biologinya sebagai Alternatif Bungkil Kedelai pada Puyuh.Disertasi. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Naskah yang masuk dari penulis diterima dan ditelaah oleh Penyunting Pelaksana. Naskah yang memenuhi standar Agrinak (analisis statistik, pustaka, aturan penulisan dan jumlah halaman) akan ditelaah oleh dua orang Mitra Bestari. Naskah hasil perbaikan penulis berdasarkan hasil penelaahan Mitra Bestari akan diperiksa oleh Penyunting Ahli AGRINAK berdasar kompetensi masing-masing. Persetujuan penerbitan naskah dilakukan berdasarkan pertimbangan Penyunting  Ahli dan kualitas hasil perbaikan penulis sesuai saran dari kedua penelaah. Naskah yang belum memenuhi kedua kriteria di atas, akan ditolak.

Penulis yang naskahnya dimuat harus membayar kontribusi sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) dan berhak mendapat 2 (dua) buah cetak lepas dan 1 (satu) eksemplar Agrinak.  Permintaan penambahan hasil cetak dikenakan biaya tambahan sebesar Rp50.000,00 per eksemplar. Pembayaran disampaikan melalui rekening Bank Mandiri Cabang Jambi Nomor:  11-0000 5086 845, a.n.: Fatati.

Alamat untuk Korespondensi :
Fakultas Peternakan Universitas Jambi
Jl. Jambi-Ma. Bulian KM 15 Mendalo Darat
Jambi 36361 Telp. 0741-589207
email: agrinakfapet@yahoo.co.id