Analisis Kebutuhan Evaluasi Pembelajaran Tari Gambyong Pareanom Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Quiz Matching Games

Authors

  • Dhea Nining Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Lestari Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jcs.v3i01.29870

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Evaluasi Pembelajaran, Quiz Matching Games

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan dijumpai di SMK saat melakukan evaluasi pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional atau paper. Tujuan penelitian yaitu membuat inovasi pembelajaran dalam evaluasi pembelajaran yang kreatif berbasis game Quiz Matching Games. Permasalahan berdasarkan hasil observasi atau wawancara bahwa evaluasi pembelajaran masih menggunakan model atau metode konvensional (Wawancara Natya,15 Oktober 2023). Metode menggunakan PJBL yang menghasilkan inovasi evaluasi pembelajaran berbasis online. Metode penelitian yang digunakan adalah  Research and Development (R&D). Riset kualitatif digunakan untuk menjaring data assessmen evaluasi pembelajaran seni yang dilakukan oleh guru dengan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif. Riset kualitatif digunakan untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas produk yang akan dihasilkan. Pengembangan penelitian terletak pada alat evaluasi yang mengacu pada teori Sugiyono. Pada bagian research kualitatif dan kuantitatif digunakan keduanya dengan menyusun hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji produk atau validitas dari hasil yang akan diujikan. Hasil penelitian menunjukkan Quiz Matching Games sangat efisien dan praktis digunakan oleh peserta didik SMK Fase E dengan jumlah 23 peserta didik dengan hasil yang memuaskan dan berhasil. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa model evaluasi berbasis game online Quiz Matching Games sangat diperlukan peserta didik menjawab harapan kurikulum merdeka yang inovatif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-08