This is an outdated version published on 2020-06-01. Read the most recent version.

Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Kesiapsiagaan Bencana Banjir Untuk Siswa Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9086

Keywords:

Pembelajaran Tematik Integratif, Kesiapsiagaan Banjir, model pembelajaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui analisis kurikulum pengembangan model pembelajaran model pembelajaran tematik kesiapsiagaan bencana banjir bagi siswa di sekolah dasar di daerah aliran sungai (DAS) Kota Bengkulu. Analisis tersebut digunakan dalam merancang model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar. Penelitian ini ini dilakukan untuk mengetahui pemetaan tema dan kompetensi dasar kelas 4 dan mengidentifikasi indikator  kesiapsiagaan bencana banjir. Data dikumpulkan dengan melalui penelusuran kajian pustaka yang relevan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, Ananto. 2015. Kesiapsiagaan masyarakat dalam Menghadapi bencana banjir bandang Di kecamatan welahan kabupaten jepara . Indonesian Journal of Conservation tahun 2015. Volume 04. Hal 1-7

Borg, W.R. dan M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction (4 th edition) New York: Longman Dick, W., dan Carey, L. 1990. The Sistematic Designe of Instruction (3rd Ed) Glenview, Illinos: Scott, Foresman and Company.
Dewi, Indarti Komala,dkk, (2015), Pembelajaran Pengurangan Bencana Pada Kurikulum 2013 Untuk Jenjang Pendidikan Dasar, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan IPA Dan PKLH Program Pascasarjana Universitas Pakuan.
Hardianti, Enyea Winanda. 2015. Sikap Peduli Lingkungan, Pengetahuan dan Keterampilan Membuat Kolase Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL). Bengkulu: Skripsi Universitas Bengkulu
Indriasari, F. N., (2017), Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Dasar Inklusi dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Yogyakarta, Jurnal Keperawatan Notokusomo, vol. V, no. 01.
Kemendikbud. 2013. Bahan Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusbangprodik.
Maulanisa,Dorojatun & Harmalia,Akhmad Akbar, (2019), Penumbuhan Sikap Tanggap Bencana
Melalui Pembelajaran Terintegrasi Mitagasi Bencana, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Dasar : Vol. 1, No. 1
Peraturan Daerah Kota Bengkulu tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana No. 02 Tahun 2017
Peraturan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) tentang Pedoman Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana No. 4 Tahun 2012
Rahman, F., (2017), Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Daur Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains, Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 2, No. 1.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT. Grafindo Pustaka
Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 24 Pasal 33 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana

Winarni, E. W., (2018), Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Bengkulu: FKIP UNIB
Winarni, E. W., (2011), Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara
Winarni, E. W., (2010), Model Pembelajaran Tematik Menggunakan Kebun Sekolah Sebagai Alernatif Pelaksanaan Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Di Sekolah Dasar, Jurnal Inovasi Sains dalam Teknologi: Volhttps://core.ac.uk/download/pdf/35319794.pdf#page=91

Downloads

Published

2020-06-01

Versions

How to Cite

Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Kesiapsiagaan Bencana Banjir Untuk Siswa Sekolah Dasar. (2020). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 19-27. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9086