This is an outdated version published on 2019-06-19. Read the most recent version.

Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kontekstual di kelas IV SDN No.187/1 teratai. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, data yang diambil berupa data observasi melalui lembar kemandirian belajar siswa. penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajran kontekstual dapat meningkatkan kemandirian belajar ssiwa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan lembar observasi kemandirian belajar siswa pada awal sebelum diberi tindakan kemandirian belajar siswa hanya 47,05% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I terlihat peningkatan kemandirian belajar siswa menjadi 64,70%, kemudian pada siklus ii meningkat lagi menjadi 82,35%. Kesimpulan  penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di kelas IV SDN No.187/1 teratai yang diharapkan kemandirian belajar siswa lebih tinggi, siswa dapat menyelesaikan tugasnya tanpa melihat hasil teman sejawatnya, siswa bisa lebih mudah memahami materi pelajaran dengan penerapan model pembelajaran kontekstual, dan diupayakan kedepannya pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual dapat di terapkan dengan penerapan media berbasis teknologi untuk memaksimalkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : model pembelajaran kontekstual, kemandirian belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-19

Versions

How to Cite

Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar. (2019). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 125-137. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972