This is an outdated version published on 2017-06-10. Read the most recent version.

Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6822

Abstract

Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 139/I Sungai Buluh.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 28 orang siswa. Metode analisis data  yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. untuk mengetahui tingkat pemberian hadiah dengan hasil belajar siswa. Kemudian dilakukan interprestasi besaran nilai koefisien korelasi dan  uji hipotsesis penelitian melalui uji signifikan  koefisien korelasi dengan taraf kepercayaan α = 5% dengan ketentuan r-hitung ≥ r-tabel. Dari hasil penelitian diperoleh  hasil  256,714 dengan  1,93 pada tingkat signifikan 0,05 nilai  â‰¥   atau  256,714 dengan  1,93, karena  lebih besar  maka tolak  dan terima . Sementara itu untuk pengujian paired samples t-test yang menunjukkan pre test  2,179 dengan -4,238 dan post test  -1,980 dengan  -8,011 maka  Ëƒ  sehingga hipotesis penelitian dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian hadiah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN No.139/1 Sungai Buluh.

 

Kata Kunci : Pemberian Hadiah, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10

Versions

How to Cite

Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. (2017). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 124-139. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6822