This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas V di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek yaitu siswa kelas V SDN 55/I Sridadi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar SDN 55/I Sridadi sudah baik. Hal ini terlihat dari kedisiplinan siswa selama mengikuti peraturan yang diberikan guru maupun sekolah, yaitu; (1) tidak membuat suara gaduh, (2) tidak mengganggu siswa lain dan berjalan-jalan saat pelajaran berlangsung, (3) keluar masuk kelas tanpa ijin dan membaca materi yang sesuai dengan pelajaran yang sedang berlangsung, (4) menggunakan sepatu saat pelajaran berlangsung. Selain itu guru melakukan beberapa upaya untuk menanamkan kedisiplinan belajar kepada siswa, antara lain; (1) memberi keteladanan kepada siswa, (2) melaksanakan peraturan kelas, (3) memberi nasehat dan peringatan kepada siswa yang melanggar, dan (4) memberi hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar.

Kata kunci : Kedisiplinan, Siswa, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127-144. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777