Pengenalan Dan Pelatihan Toefl Untuk Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Jambi

Indonesia

Authors

  • Aprilia Kartika Putri Universitas Jambi
  • Anggi Triandana Universitas Jambi
  • Siti Fitriah Universitas Jambi
  • Ulil Amri Universitas Jambi
  • Yoga Mestika Putra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/est.v2i1.24594

Keywords:

TOEFL, Test of English as a Foreign Language

Abstract

TOEFL masih diperlukan sebagai salah satu tes pengukur kemampuan bahasa Inggris bagi non-penutur asli. Kegiatan pengabdian pengenalan dan pelatihan TOEFL dilakukan terhadap mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Jambi. Tahapan kegiatan terdiri dari persiapan kegiatan dan pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan menggunakan grammar translation method (Brown 2000, 8) dengan mengacu pada materi dari Phillips (2003). Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan sebesar 26,6% terhadap pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan pertanyan-pertanyaan TOEFL setalah pelaksanaan kegiatan ini. Pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan nilai saing mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-18