Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Kegiatan Pendampingan Penulisan Gagasan Pada Artikel

Indonesia

Authors

  • Hendra Hendra Universitas Jambi
  • Alif Aditya Candra Universitas Jambi
  • Firdiawan Ekaputra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/est.v2i1.24577

Keywords:

Pendapingan, gagasan , berfikir kritis

Abstract

Kegiatan pendampingan penulisan gagasan pada artikel bertujuan untuk mendampingi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, memahami konsep artikel, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuliskan gagasannya dalam bentuk artikel. Fokus kegiatan adalah memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam penulisan artikel dan menerbitkannya di media online. Tahapan-tahapan kegiatan pendampingan, yakni a) perencanaan, yang terdiri dari menganalisis permasalahan, menentukan tujuan/target kegiatan dan bentuk kegiatan; b) pelaksanaan, yang terdiri dari sosialisasi/penyampaian kegiatan di kelas dan diskusi interaktif terkait permasalahan yang dianalisis; dan c) evaluasi, yang dilihat berdasarkan hasil kerja mahasiswa dalam melahirkan satu artikel. Hasil kegiatan yakni mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menuangkannya dalam artikel yang berhasil terbit di media online.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-18