Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Pragmatik Pada Mahasiswa Sastra Indonesia
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22437/est.v2i1.24563Keywords:
Quiziz, evaluasi , pembelajaran , pragmatikAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi Quizizz kepada mahasiswa sastra Indonesia sebagai media evaluasi pembelajaran mata kuliah pragmatik. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk terobosan dalam proses pembelajaran agar tidak cenderung monoton. Evaluasi pembelajaran merupakan hal yang cukup krusial karena sifatnya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah dipaparkan maupun didiskusikan bersama. Sehingga salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz dalam proses evaluasi. Target peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa Sastra Indonesia yang memprogram mata kuliah pragmatik pada semester genap tahun akademik 2022/2023. Metode pelaksanaan kegiatan digolongkan menjadi dua tahap yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Di dalam tahap pelaksanaan, diaplikasikan dua metode yaitu metode ceramah guna memaparkan materi cara penggunaan aplikasi Quizizz, dan metode tanya jawab guna mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa terkait pemaparan materi Quizizz. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik langsung penggunaan aplikasi Quizizz dengan menggunakan gadget masing-masing. Hasil kegiatan ini mendapatkan antusiasme dari mahasiswa yang dapat dilihat dari presentase nilai rata-rata kelas R001 sebesar 84 %, dan kelas R002 sebesar 80%.
Kata Kunci: Quizizz, Evaluasi, Pembelajaran, Pragmatik