Pelestarian Kebudayaan Indonesia Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Materi Identitas Nasional Melalui Media Poster Oleh Mahasiswa Fkip Universitas Jambi

Indonesia

Authors

  • Nurmalia Dewi Universitas Jambi
  • Khoirunnisa Khoirunnisa Universitas Jambi
  • Priazki Hajri Universitas Jambi
  • Muhammad Ichsan Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/est.v2i1.24544

Keywords:

Citizenship Education, National Identity, poster media

Abstract

Abstrak

Kebudayaan Indonesia sangat beraneka ragam dengan keindahan, keunikan, dan menjadi ciri khas negara yang tersebar merata dari setiap daerah di Indonesia. Jika negara lain bangga dengan kebudayaan yang mereka miliki, begitupun kita sebagai warga negara Inonesia, harus bangga dengan kebudayaan yang kita miliki. Mahasiswa sebagai generasi intelektual yang update terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus mampu memahami, mengenal, dan melestarikan kebudayaan yang ada di daerah dan negaranya. Pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan materi identitas nasional mahasiswa belajar tentang apa saja yang menjadi identitas nasional bangsa Indonesia salah satunya kebudayaan yang ada di Idonesia asal daerah dan orang tua mereka. Pada Kegiatan ini  Mahasiswa mencari dan memahami salah satu kebudayaan mereka untuk di jadikan sebuah media poster dan dipresentasikan. Hasil dari poster tersebut berisi tentang penjelasakan kebudayaan, nilai kebudayaan, dan bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia. Hasil yang dicapai (1) Mahasiswa dapat memahami dan mengetahui kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia sesuai asal daerahnya (2) Mahasiswa dapat melestraikan kebudayaan yang ada di Indonesia dengan menggunakan poster.

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Identitas Nasional, Media Poster

Abstrack

Indonesian culture is very diverse with beauty, uniqueness, and characteristics of the country which are spread evenly from every region in Indonesia. If other countries are proud of the culture they have, we as citizens of Indonesia should be proud of the culture we have. Students as an intellectual generation who are updated on the development of science and technology must be able to understand, recognize, and preserve the culture that exists in their region and country. In the civics education course on national identity, students learn about what constitutes the national identity of the Indonesian people, one of which is the culture in Indonesia, where they come from and their parents. In this activity students seek and understand one of their cultures to be made into a media poster and presented. The results of the poster contain an explanation of culture, cultural values, and cultural forms that exist in Indonesia. The results achieved (1) Students can understand and know the cultures that exist in Indonesia according to their region of origin (2) Students can preserve the culture in Indonesia by using posters.

Keywords: Citizenship Education, National Identity, Poster Media

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-18