Educational Leadership and Management Journal (Element Journal) https://online-journal.unja.ac.id/element en-US element.journal@unja.ac.id (Robi Hendra (Editor in Chief) jatmikobs@unja.ac.id (Jatmiko Budi Santoso) Wed, 29 Nov 2023 22:12:18 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Manajemen kurikulum sekolah satuan pendidikan kerjasama (SPK) sekolah dasar High Scope Indonesia kota Palembang https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29678 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pada Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) di SD <em>High Scope</em> Indonesia Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif.&nbsp; Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang menitik beratkan sumber data melalui informan yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan Staf&nbsp; tenaga administrasi yang digunakan untuk menguatkan keabsahan data yang diperoleh. Fokus dari penelitian ini adalah&nbsp; Manajemen Kurrikulum dan kendala yang timbul sekolah SPK di SD <em>High Scope</em> Indonesia Kota Palembang. Adapun hasil dari penelitian ini menggambarkan bagaimana kurikulum sekolah SPK ini telah menerapkan manajemen kurikulum yang sesuai dimulai dengan tahap perencanan, pengembangan, pelaksanaan, dan juga evaluasi. Dari pelaksanaan manajemen kurikulum ini juga muncul kendala dalam proses penerapannya seperti integrasi antara kurikulum standar nasional pendidikan dan kurikulum High Scope, serta ketersediaan bahan ajar dan sarana prasarana yang belum memenuhi penunjang selama kegiatan pembelajaran.</p> Sulathi Rahayu, Eddy Haryanto, Muhammad Raden Ali Copyright (c) 2023 Educational Leadership and Management Journal (Element Journal) https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29678 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0700 Implementasi Kebijakan Sertifikasi dalam Profesionalitas Guru : Studi Kasus Di Salah Satu Sekolah Menengah Pertama Di KabupatenMuaro Jambi https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29676 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejauh mana implementasi kebijakan sertifikasi ini berpengaruh dalam meningkatkan profesionalitas guru yang ada di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Muaro Jambi, dan menjelaskan apa saja peran sertifikasi ini dalam meningkatkan profesionalitas guru sehingga dapat djadikan bahan informasi dan pertimbangan bagi pembuat kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Sebagai partisipan atau informan dari penelitian ini yaitu Wakil kepala sekolah, tim supervisi sekolah, guru yang sudah bersertifikasi dan peserta didik. Adapun hasil penelitian ini menunjukan implementasi kebijakan sertifikasi sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikannya setiap guru yang bersertifikasi sudah memiliki empat kompetensi dasar yang harus dimiliki guru yang didapat dari pendidikan profesi, diantaranya yaitu Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial. Kemudian terkait dengan peran sertifikasi guru dalam profesionalitas guru yang telah dirasakan guru disekolah tersebut bahwa dengan adanya sertifikasi guru merasakan kesejahteraan sosialnya meningkat, guru diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi namun hal lain yang belum dirasakan secara maksimal terkait peran sertifikasi ini yaitu, guru belum merasakan secara maksimal dalam pemanfaatan sarana prasarana yang belum lengkap di Sekolah.</p> Siti Badriah Copyright (c) 2023 Educational Leadership and Management Journal (Element Journal) https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29676 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0700 Menigkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Program Kampus Mengajar Di SMP Negeri 24 Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29673 <p>Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Kampus Mengajar dan Guru di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Program Kampus Mengajar mampu meningkatkan kompetensi literasi baca tulis dan literasi numerasi siswa. Berdasarkan pelaksanaan, mahasiswa Kampus Mengajar telah melaksanakan program-program yang telah dirancang secara maksimal, seperti penguatan 15 menit membaca, pembelajaran berbasis kuis, dan pelatihan soal literasi dan numerasi. (2) Faktor pendukung Program Kampus Mengajar memberikan dampak positif pada kompetensi literasi baca tulis dan literasi numerasi siswa, faktor pendukungnya seperti adanya motivasi intrinsic, diskusi bersama dan memberikan pembelajaran yang menarik. (3) Faktor penghambat Program Kampus Mengajar dapat memberikan dampak positif pada kompetensi literasi baca tulis dan literasi numerasi siswa, faktor penghambatnya seperti rendahnya minat belajar siswa dan masih kurangnya fasilitas penunjang pembelajaran literasi dan numerasi.</p> Ayu Rahmaningsih Copyright (c) 2023 Educational Leadership and Management Journal (Element Journal) https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29673 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Kompensasi, Komitmen Organisasional dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja (Studi pada Tenaga Pendidik di SIT Nurul ‘Ilmi Jambi) https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29675 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompensasi, komitmen organisasional, kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai melalui motivasi kerja. Penelitian ini di lakukan pada tenaga pendidik di SIT Nurul ‘Ilmi Jambi. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan link <em>google form</em>. Metode pengambilan sampel menggunakan metode <em>total sampling</em> yaitu berjumlah 221 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan questioner dan pengolahan data dilakukan dengan analisis SEM <em>partial Least Square </em>serta uji hipotesis dengan menggunakan uji mediasi menurut Baron dan Kenny (1986). Hasil penelitian membuktikan bahwa: kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kompensasi berpengarug signifikan terhadap motivasi kerja, komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai, variabel motivasi kerja berpengaruh signifikan dalam memediasi kompensasi, komitmen organisasional dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai</p> Dewi Novitasari Copyright (c) 2023 Educational Leadership and Management Journal (Element Journal) https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29675 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Multikultural Leadership, Kompetensi Multikultural Guru, Kompetensi Multikultural Siswa, Terhadap Kinerja Akademik Siswa se SMA Muara Jambi https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29521 <p>The purpose of this study is to evaluate how multicultural leadership, teachers' multicultural competence, and students' multicultural competence affect the academic performance of students in Muara Jambi high schools. This research uses quantitative methods and uses a questionnaire as an instrument to collect data from students in Muara Jambi high schools. The Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM PLS) method was used to analyze and evaluate the cause-and-effect relationship between independent variables and dependent variables. The research sample consisted of 192 student respondents from Muara Jambi High School. The four variables studied in this study are multicultural leadership, teacher multicultural competence, student multicultural competence, and student academic performance. The results showed that there was a significant influence of multicultural leadership, teachers' multicultural competence, and students' multicultural competence on students' academic performance. And for the results of the p-values themselves, namely H1 the effect of multicultural leadership on student academic performance has a value of 0.007 from this value, hypothesis one is influential or supported. For H2, the effect of multicultural competence of teachers on student academic performance has a value of 0.000 from this value, this second hypothesis is influential or supported. And finally H3 the effect of students' multicultural competence on students' academic performance has a value of 0.000 from this value this third hypothesis is influential or supported. Therefore, in this study, all variables greatly affect the academic performance of students at Muara Jambi High School.</p> Aprillitzavivayarti, Hendri Copyright (c) 2023 Educational Leadership and Management Journal (Element Journal) https://online-journal.unja.ac.id/element/article/view/29521 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0700