https://online-journal.unja.ac.id/edusains/issue/feed Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2024-01-29T09:13:46+07:00 Ilham Falani edusains@unja.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Title </strong>: Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam<br /><strong>ISSN</strong>: P-ISSN 2301-833X and E-ISSN 2503-2275<br /><strong>Subject </strong>: Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology Education, and Chemistry Education<br /><strong>Frequency Publish</strong>: Regularly two times a year in January and July<br /><strong>Language</strong>: Indonesia or English<br /><strong>Indexed at</strong>: <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/609">Sinta 6</a>, <a href="https://search.crossref.org/?q=Edu-Sains%3A+Jurnal+Pendidikan+Matematika+dan+Ilmu+Pengetahuan+Alam&amp;from_ui=yes">DOI Crossref</a>, <a href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_mode=content&amp;search_text=edu-sains%20unja&amp;search_type=kws&amp;search_field=full_search&amp;or_facet_source_title=jour.1387728&amp;and_facet_source_title=jour.1387728">Dimension</a>, <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/871">Garuda</a>, <a href="https://scholar.google.com/citations?user=VlyhNXUAAAAJ&amp;hl=id&amp;authuser=1">Goole Scholar</a>, and <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2503-2275">ROAD</a></p> <p><strong>Article Processing Charge</strong>:</p> <ul> <li>Article Submission: 0,00 IDR: Authors are <strong>NOT required to pay </strong>an Article Submission Fee.</li> <li>Article processing charges (APCs) / Article Publication Fee: 0,00 IDR if your manuscript is <strong>accepted for publication</strong>.</li> </ul> <p>Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is a forum for communicating scientific advances in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. It publishes comprehensive research articles and invites reviews by leading experts in the field. Papers with high scientific merit will be selected, impart essential new knowledge, and are highly interested in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published by Program Studi Magister Pendikan Universitas Jambi. It was first published in 2012 and periodically published two times a year in January and July. This is an open-access journal, meaning all content is freely available without charge to users or/institutions. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full-text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author.</p> https://online-journal.unja.ac.id/edusains/article/view/28507 Pengembangan Booklet Berbasis Android Sebagai Media Belajar Pada Materi Invertebrata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar 2023-11-07T10:00:32+07:00 Dea Putri Yorenza deayorenza@gmail.com Nirwana Anas nirwanaanas@gmail.com Melfa Aisyah Hutasuhut melfaaisya@gmail.com <p>Pemikiran tentang pembelajaran biologi yang terlalu monoton dengan tulisan serta sulit dibayangkan membuat peserta didik memerlukan suatu media belajar yang bisa menggambarkan materi pembelajaran dengan kompleks dan detail, salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi Android sebagai media pembelajaran yang menarik serta inovatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media <em>booklet</em> berbasis <em>android</em> yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> (R&amp;D) model pengembangan 4-D (<em>Define, Design, Development, </em>dan <em>Dessiminate</em>) yang telah direvisi dan diuji cobakan di lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket penilaian guru biologi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> berupa pilihan berganda berjumlah 20 soal. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa <em>booklet</em> berbasis <em>android</em> sebagai media belajar pada materi invertebrata yang dikembangkan dengan model 4-D dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan terkategori efektif sehingga layak digunakan sebagai media belajar bagi peserta didik kelas X di SMA/MA.</p> 2024-01-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Dea Putri Yorenza, Nirwana Anas, Melfa Aisyah Hutasuhut https://online-journal.unja.ac.id/edusains/article/view/29770 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Fluida Dinamis di SMA Swasta Kota Jambi 2023-12-04T09:17:37+07:00 Feliza Paramitha Sinaga felizasinagafis@gmail.com Darmaji Darmaji darmaji@unja.ac.id Dwi Agus Kurniawan dwiagus.k@unja.ac.id <p>Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI pada materi fluida dinamis di SMA Swasta Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian yaitu survey. Desain ini dipilih karena peneliti hanya melakukan pengambilan data sebanyak 1 kali pertemuan terhadap sampel yang terlibat. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling dan mandapatkan sampel sebanyak 146 orang dari 2 sekolah swasta yang berbeda. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data yaitu berupa soal esai sebanyak 8 soal. Setelah data didapat, akan dianalisis berdasarkan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh yaitu kemampuan pemecahan masalah di SMA Swasta Xaverius 1 Kota Jambi unggul dibandingkan SMA Swasta Adhyaksa 1 Kota Jambi. Keterbatasan dari penelitian ini dilihat dari desain penelitian yang hanya sebatas survey dan dilakukan satu kali, sehingga tidak adanya tindakan dalam melakukan peningkatan untuk kemampuan pemecahan masalah peserta didik.</p> 2024-01-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Feliza Paramitha Sinaga, Darmaji Darmaji, Dwi Agus Kurniawan https://online-journal.unja.ac.id/edusains/article/view/29751 Identifikasi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Dinamika Gerak Lurus 2023-12-04T09:06:18+07:00 Sri Wina Oktavia oktaviasriwina@gmail.com Astalini Astalini astalinizakir@unja.ac.id Dwi Agus Kurniawan dwiagus.k@unja.ac.id <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi dinamika gerak lurus. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI dari SMA Negeri Se-Kecamatan Alam Barajo. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling maka didapatkan sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI F5 dan peserta didik kelas XI F4. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains dengan skala likert. Teknik analisis data yang akan dilakukan berdasarkan statistik deskriptif untuk memperoleh nilai interval, mean, median, min, max. Hasil penelitian keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI F4 dalam kategori baik dengan persentase 61,1%, sedangkan keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI F5 dalam kategori baik dengan persentase 56,2%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI SMAN 11 Kota Jambi sedikit lebih unggul dari kelas XI SMAN 12 Kota Jambi.</p> 2024-01-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Sri Wina Oktavia, Astalini Astalini, Dwi Agus Kurniawan https://online-journal.unja.ac.id/edusains/article/view/29868 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Turunan Implisit 2023-12-08T08:50:57+07:00 Aliffia Teja Prasasty prasasty89@gmail.com Fitri Senny Hapsari fitrisennyhapsari@gmail.com Miftahul Farid Mochamad Ahyar Miftahulfarid@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi turunan implisit yang ditinjau dari kemapuan awal matematika (KAM). Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kecakapan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis atau usaha mencari solusi yang dilakukan untuk mencapai penyelesaian masalah dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan serta pemahaman yang sudah dimilki. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI, Prodi Teknik Industri, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas R1G, dengan jumlah 33 mahasiswa, pada mata kuliah Kalkulus Dasar 1 dengan materi Turunan Implisit. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester (UTS) sebagai kemampuan awal mahasiswa. Mahasiswa dibagi&nbsp; menjadi&nbsp; tiga&nbsp; kelompok,&nbsp; yaitu&nbsp; kelompok&nbsp; KAM&nbsp; atas,&nbsp; kelompok&nbsp; KAM&nbsp; menengah&nbsp; dan kelompok&nbsp; KAM&nbsp; bawah.&nbsp; Hasil&nbsp; penelitian&nbsp; menunjukkan&nbsp; bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan&nbsp; soal, baik kelompok KAM atas, KAM menengah maupun KAM bawah, mahasiswa kurang memahami tahapan pemecahan masalah dalam soal turunan implisit.</p> 2024-01-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Aliffia Teja Prasasty, Fitri Senny Hapsari, Miftahul Farid Mochamad Ahyar https://online-journal.unja.ac.id/edusains/article/view/29759 Identifikasi Kemampuan Literasi Digital Siswa Pada Pembelajaran IPA 2024-01-08T08:16:31+07:00 Nikma Nur Qoidah nurkhaidah0605@gmail.com Astalini Astalini astalinizakir@unja.ac.id Dwi Agus Kurniawan dwiagus.k@unja.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana kemampuan literasi digital siswa pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Peneliti menggunakan metode purposive sampling untuk mengambil sampel. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMPN 17 Batanghari dan SMPN 33 Batanghari dengan 32 siswa dari masing-masing sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar angket, dan analisis data dilakukan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital siswa di SMPN 33 Batanghari menunjukkan hasil dalam “sangat setuju” dengan persentase 6,25%, kategori “setuju” dengan persentase 93,75%, kategori “tidak setuju” dengan persentase 0%, kategori “sangat tidak setuju” dengan persentase 0%. Sedangkan di SMPN 17 Batanghari, menunjukan hasil dalam kategori “sangat setuju” dengan persentase 18,75%, kategori “setuju” dengan persentase 59,38%, kategori “tidak setuju” dengan persentase 18,75%, dan kategori “sangat tidak setuju” dengan persentase 3,13%. Sehingga dapat disimpulkan SMPN 33 Batanghari lebih unggul dibandingkan SMPN 17 Batanghari dalam indikator kemampuan literasi digital siswa.</p> 2024-01-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Nikma Nur Qoidah, Astalini, Dwi Agus Kurniawan