Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Jigsaw Siswa Kelas V Di SDN No.66/IX Sengeti

Efforts To Increase Learning Outcomes Using The Jigsaw Model For Class V Students At SDN No.66/IX Sengeti

Authors

  • Syaiful Amri Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v11i1.5516

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti selama proses belajar mengajar IPA di kelas V khususnya pada materi proses pembentukan tanah belum memuaskan, karena kompetensi belajar siswa belum mencapai 85%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model Jigsaw pada materi proses pembentukan tanah dapat meningkatkan hasil belajar sisiwa kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V dengan tiga siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari hasil lembar observasi siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa melaksanakan evaluasi dengan menggunakan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang pada siklus I 65,83, siklus II 73,54, dan siklus III 90,83 dan persentase ketuntasan klasikal siklus I 62,5%, siklus II 68,75% dan siklus III 100%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan dalam penelitian tindakan kelas. Oleh karna itu disarankan model jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran IPA khususnya pada materi proses pembentukan tanah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

— Updated on 2022-01-30

How to Cite

Amri, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Jigsaw Siswa Kelas V Di SDN No.66/IX Sengeti : Efforts To Increase Learning Outcomes Using The Jigsaw Model For Class V Students At SDN No.66/IX Sengeti. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(1), 30-42. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v11i1.5516