Pengembangan Modul IPA Terapan Berbasis Kontekstual untuk siswa SMK kelas XI Bidang Keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan

Authors

  • Heni Asmora Ritonga Universitas Jambi
  • Bambang Hariyadi Universitas Jambi
  • Tedjo Sukmono Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5271

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul IPA terapan berbasis kontekstual untuk siswa kelas XI bidang keahlian nautika kapal penangkapan ikan, (2) mengetahui kelayakan modul untuk siswa kelas XI bidang keahlian nautika kapal penangkapan ikan, (3) mengetahui respon guru terhadap kualitas modul, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap kualitas modul IPA terapan berbasis kontekstual.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) yang mengacu pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Lee & Owens. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, ahli desain media, data respon guru, dan data respon siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas modul ditinjau dari aspek materi oleh ahli materi diperoleh persentase pencapaian 86,95 %. Menurut validator materi, modul IPA terapan berbasis kontekstual ini dikatakan sangat baik dan layak untuk diuji cobakan, (2) kualitas modul ditinjau dari aspek desain media oleh ahli desain media diperoleh persentase pencapaian 87,36%. Menurut validator desain media, modul IPA terapan berbasis kontekstual ini dikatakan baik dan layak untuk diuji coba, (3) Hasil ujicoba tanggapan guru dan siswa disimpulkan bahwa modul mendapat tanggapan sangat baik, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-18 — Updated on 2018-07-18

Versions

How to Cite

Ritonga, H. A., Hariyadi, B., & Sukmono, T. (2018). Pengembangan Modul IPA Terapan Berbasis Kontekstual untuk siswa SMK kelas XI Bidang Keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 34-42. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5271