Analisis Keterlaksanaan Cognitive Conflict dalam Model Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhnya terhadap KemampuanBerpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Laju Reaksi

Authors

  • Roni Saputra Universitas Jambi
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Jambi
  • Dwi Wiwik Ernawati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5269

Abstract

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang keterlaksanaan tahap cognitive conflict dalam model Inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keterlaksanaan cognitive conflict dalam model inkuiri terbimbing dan pengarunya terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling berdasarkan pertimbangan hasil tes awal pada materi termokimia, dimana 12 siswa dengan nilai tertinggi pada kelas XI IPA 4 SMAN 10 Kota Jambi dijadikan subjek penelitian. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dengan hasil keseluruhan persentase aktivitas keterlaksanaan oleh guru 73% dengan kriteria baik. Kemudian hasil keterlaksanaan tahap cognitve conflict dalam model inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 75,13% dengan kategori baik, serta hasil posttest memiliki rata-rata 76, sehingga korelasi menunjukkan nilai signifikansi 0,174>0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara dua variabel, yaitu Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dengan penambahan tahap cognitive conflict terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-18 — Updated on 2018-07-18

Versions

How to Cite

Saputra, R., Syamsurizal, S., & Ernawati, D. W. (2018). Analisis Keterlaksanaan Cognitive Conflict dalam Model Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhnya terhadap KemampuanBerpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Laju Reaksi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 19-24. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5269