This is an outdated version published on 2018-09-25. Read the most recent version.

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Atas

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5267

Keywords:

Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Problem Based Learning

Abstract

Abstrak

Pengembangan Lembar kerja siswa (LKS) penting dilakukan agar LKS sebagai salah satu bahan ajar dapat membiasakan siswa untuk berpikir logis, kritis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran biologi SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model Dick, Carey and Carey (analisis, desain, pengembangan dan evaluasi). Data proses pengembangan dihimpun menggunakan instrumen validasi ahli materi dan ahli desain pembelajaran, angket respons siswa dan guru. Hasil penilaian kelayakan dari ahli materi mendapatkan rata-rata nilai 80%, dan dari ahli desain rata-rata nilai 81% termasuk dalam kategori  layak, dilihat dari aspek isi, aspek penyajian, aspek tampilan, aspek integrasi dan aspek bahasa. Respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan sebesar 93% termasuk dalam kriteria sangat baik.  Respon guru terhadap LKS yang dikembangkan sebesar 88,48% termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga hasil observasi menunjukkan siswa lebih aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis PBL memenuhi syarat kelayakan sebagai bahan ajar dan mampu melatih kemampuan siswa dalam  berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-25

Versions

How to Cite

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Atas. (2018). Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 11-18. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i1.5267