Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Atas
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pengembangan Lembar kerja siswa (LKS) penting dilakukan agar LKS sebagai salah satu bahan ajar dapat membiasakan siswa untuk berpikir logis, kritis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran biologi SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model Dick, Carey and Carey (analisis, desain, pengembangan dan evaluasi). Data proses pengembangan dihimpun menggunakan instrumen validasi ahli materi dan ahli desain pembelajaran, angket respons siswa dan guru. Hasil penilaian kelayakan dari ahli materi mendapatkan rata-rata nilai 80%, dan dari ahli desain rata-rata nilai 81% termasuk dalam kategori layak, dilihat dari aspek isi, aspek penyajian, aspek tampilan, aspek integrasi dan aspek bahasa. Respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan sebesar 93% termasuk dalam kriteria sangat baik. Respon guru terhadap LKS yang dikembangkan sebesar 88,48% termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga hasil observasi menunjukkan siswa lebih aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis PBL memenuhi syarat kelayakan sebagai bahan ajar dan mampu melatih kemampuan siswa dalam berpikir kritis.