Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Dengan Materi Kubus Dan Balok

Analysis Of Junior High School Students' Mathematical Understanding Ability With Material Cubes And Blocks

Authors

  • Rizal Fahmy Fasya Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Ferry Ferdianto Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v11i2.5240

Abstract

Matematika merupakan salah satu bagian yang penting dalam ilmu pengetahuan. Apabila dilihat dari sudut pengklasifikasian bidang ilmu pengetahuan, matematika termasuk ke dalam ilmu-ilmu eksakta yang lebih memerlukan pemahaman dibandingkan hapalan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau sejauh mana kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah menengah pertama yang meliputi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, menerapkan rumus pada kasus matematika serta melaksanakan perhitungan rutin dan algoritmik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Untuk populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS PUI Banjaran dengan sampel penelitiannya yaitu 10 orang siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes berbentuk uraian yang berjumlah lima soal. Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa sebesar 30%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa masih kurang dalam kemampuan pemahaman konsep matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

— Updated on 2022-07-30

How to Cite

Fasya, R. F., & Ferdianto, F. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Dengan Materi Kubus Dan Balok: Analysis Of Junior High School Students’ Mathematical Understanding Ability With Material Cubes And Blocks. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(2), 36-43. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v11i2.5240

Issue

Section

Articles