Pengaruh Penerapan E-Modul Larutan Asam Basa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar

Effect of Applying Acid-Base Solution E-Module with STAD Type Cooperative Learning Model on Learning Outcomes

Authors

  • Novi Hardawati Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Jambi
  • Harizon Harizon Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Jambi
  • Muhaimin Muhaimin Program Studi Magister Pendidikan Kimia Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v11i2.4979

Keywords:

E-Modul, cooperative type STAD, learning result

Abstract

Dalam pembelajaran di sekolah, guru kimia sudah terbiasa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok. Namun metode digunakan guru belum berjalan maksimal dikarenakan masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Penyebabnya sumber belajar siswa hanya terfokus pada penjelasan dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana pengaruh hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menggunakan e-modul larutan asam basa dan yang tidak menggunakan e-modul. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas X BKP jumlah siswa 30 orang dan X TGEO jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni, lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Lembar observasi yang digunakan terdiri dari lembar observasi siswa dan lembar observasi pembelajaran. Sedangkan tes hasil belajar kimia disajikan dalam bentuk soal objektif (pilihan ganda) sebanyak 10 soal pada masing-masing materi untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan ANCOVA. Hasil perhitungan dari uji ANCOVA menggunakan SPSS versi 16.0, menunjukkan nilai t= 0.027 < 0.05 dengan demikian H1 diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

— Updated on 2022-07-30

How to Cite

Hardawati, N., Harizon, H., & Muhaimin, M. (2022). Pengaruh Penerapan E-Modul Larutan Asam Basa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar : Effect of Applying Acid-Base Solution E-Module with STAD Type Cooperative Learning Model on Learning Outcomes. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(2), 22-27. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v11i2.4979

Issue

Section

Articles