Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA Analysis of Students' Concept Understanding Level in Science Learning

Main Article Content

Salsabila As Sa'adah Ainul
Nur Wakhidah
Wahyuni Fajar Arum
Sri Hidayati
Tatik Indayati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atau mendeskripsikan tingkat kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran IPA siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, tes, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong rendah pada materi IPA. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilai maksimum sebesar 70 dan nilai minimum sebesar 24 dengan rata-rata 46,67. Kemudian pemberian tes dengan acuan tes berdasarkan indikator menurut Anderson dan Krathwol, dimana terdapat 13 siswa dengan kriteria tingkat pemahaman konsep tergolong rendah dengan persentase sebesar 43,33%. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa disebabkan beberapa faktor di UPT SMP Negeri 14 Gresik diantaranya pertama, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa; kedua guru masih dominan dalam proses pembelajaran IPA sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan yang terakhir kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ainul, S. A. S., Wakhidah , N. ., Wahyuni Fajar Arum, Sri Hidayati, & Tatik Indayati. (2025). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA: Analysis of Students’ Concept Understanding Level in Science Learning. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(1), 7–15. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v14i1.39419
Section
Articles

References

Azahara, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas I Sekolah Dasar dalam Pemecahan Soal-Soal Geometri. 1(1), 29–35. https://doi.org/10.37251/jber.v1i1.26

Azizah, N., Zmaroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715.

Barkah, L., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas IV SDN Kalideres 09 Pagi. Berajah Journal, 2(2), 287–292. https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.91

Edusainstek, S. N., Nurfatmawati, J. E., Prihaswati, M., Semarang, U. M., & Semarang, U. M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Kelas X. 2001, 275–278.

Kadek, N., Susanti, E., & Khair, B. N. (2022). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6, 686–690.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Mulayana, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 220–228. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.680

Novanto, Y. S., Djudin, T., T, A. Y., Basith, A., & Murdani, E. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gender. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 43. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.4260

Palufi, L. V., Nuril, A., & Fauziah, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Membuat Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. 10(1), 109–116.

Rara Dewi, A. D. Y., & Kristiantari, M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 75. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479

Riana, R., Kartinawati, & Tri. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 11 Semarang Melalui Model Group Investigation Berbantuan Colour Ball. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 64–71. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Setiani, N., Roza, Y., & Maimumah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2286–2297.

Siburian, A., Siahaan, E. A., Naibaho, D., Pendidikan, J., Kristen, A., Agama, I., & Tarutung, K. N. (2023). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11202–11209.

Ulandari, L., Pahlawan, U., Tambusai, T., Surya, Y. F., Pahlawan, U., Tambusai, T., Kusuma, Y. Y., Pahlawan, U., Tambusai, T., Rizal, M. S., Pahlawan, U., Tambusai, T., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PREDICT, OBSERVER, EXPLAIN ( POE ) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI SISWA SEKOLAH DASAR. 10(September), 700–701.

Ulfa, S., & Dewi, N. R. (2020). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA KELAS VII SMP NEGERI 19 SEMARANG. 312–327.