Pengaruh Media Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Discovery terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia The Influence of Crossword Puzzle Media in Discovery Learning on Students' Critical Thinking Skills on Chemical Equilibrium Material
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media Crossword Puzzle dalam Model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMAN 9 Makassar pada materi pokok Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Kimia 1 dengan jumlah 22 orang dan kelas XI Kimia 3 dengan jumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni, lembar penilaian kemampuan berpikir kritis pada proses pembelajaran dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan ANOVA. Hasil perhitungan dari Uji Oneway-Anova menggunakan IBM SPSS Statistics 23, menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima yang artinya ada pengaruh media Crossword Puzzle dalam model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMAN 9 Makassar. Selain itu rata-rata persentase nilai Gain kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, adapun rata-rata persentase pada kelompok eksperimen sebesar 40,9 dan rata-rata persentase pada kelompok kontrol sebesar 37,18.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.