Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Turunan Implisit Analysis of Students' Mathematical Problem Solving Ability in Solving Implicitly Derived Material Questions

Main Article Content

Aliffia Teja Prasasty
Fitri Senny Hapsari
Miftahul Farid Mochamad Ahyar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi turunan implisit yang ditinjau dari kemapuan awal matematika (KAM). Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kecakapan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis atau usaha mencari solusi yang dilakukan untuk mencapai penyelesaian masalah dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan serta pemahaman yang sudah dimilki. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI, Prodi Teknik Industri, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas R1G, dengan jumlah 33 mahasiswa, pada mata kuliah Kalkulus Dasar 1 dengan materi Turunan Implisit. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester (UTS) sebagai kemampuan awal mahasiswa. Mahasiswa dibagi  menjadi  tiga  kelompok,  yaitu  kelompok  KAM  atas,  kelompok  KAM  menengah  dan kelompok  KAM  bawah.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan  soal, baik kelompok KAM atas, KAM menengah maupun KAM bawah, mahasiswa kurang memahami tahapan pemecahan masalah dalam soal turunan implisit.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prasasty, A. T., Senny Hapsari, F. ., & Ahyar, M. F. M. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Turunan Implisit: Analysis of Students’ Mathematical Problem Solving Ability in Solving Implicitly Derived Material Questions. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 27-32. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v13i1.29868
Section
Articles