Identifikasi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Dinamika Gerak Lurus

Identification of Class XI Students' Science Process Skills in the Dynamics of Rectilinear Motion

Authors

  • Sri Wina Oktavia Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jambi
  • Astalini Astalini Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v13i1.29751

Keywords:

Dynamics of rectilinear motion, science process skills, students

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi dinamika gerak lurus. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Populasi penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas XI dari SMA Negeri Se-Kecamatan Alam Barajo. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling maka didapatkan sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI F5 dan peserta didik kelas XI F4. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains dengan skala likert. Teknik analisis data yang akan dilakukan berdasarkan statistik deskriptif untuk memperoleh nilai interval, mean, median, min, max. Hasil penelitian keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI F4 dalam kategori baik dengan persentase 61,1%, sedangkan keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI F5 dalam kategori baik dengan persentase 56,2%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik materi dinamika gerak lurus di kelas XI SMAN 11 Kota Jambi sedikit lebih unggul dari kelas XI SMAN 12 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Oktavia, S. W., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. . (2024). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Dinamika Gerak Lurus: Identification of Class XI Students’ Science Process Skills in the Dynamics of Rectilinear Motion. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(1), 19-26. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v13i1.29751