Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penggunaan Laboratorium Virtual Phet (Physics Education Technology) Pada Materi Asam-Basa Increasing The Use Of Phet (Physics Education Technology) Virtual Laboratory On Learning Motivation On Acid-Base Material
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan 1) uji prasyarat instrumen penelitian 2) uji n-gain 3) peningkatan penggunaan laboratorium virtual PhET (Physics Education Technology) terhadap motivasi belajar pada materi asam-basa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif pada 33 siswa kelas eksperimen dan 33 siswa kelas kontrol SMAN 1 Panggarangan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi 20 item. Hasil uji prasyarat instrumen penelitian dinyatakan valid, reliabel, dan data terdistribusi secara normal. Uji N-Gain kelas eksperimen pada kategori sedang dan kelas kontrol pada kategori rendah. Penggunaan laboratorium virtual PhET memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik, interaktif, dan relevan, sehingga motivasi siswa untuk terlibat dalam proses belajar mengalami peningkatan dari tingkat motivasi rendah menjadi tingkat motivasi sedang. Penggunaan laboratorium virtual PhET dirancang secara khusus untuk memikat perhatian siswa dan mendorong mereka untuk aktif terlibat dalam membangun pemahaman konsep-konsep kimia pada materi asam-basa melalui eksperimen. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif praktik menggunakan media virtual dengan kegiatan yang melibatkan teknologi dan pendekatan pedagogi berdasarkan simulasi yang disesuaikan dengan kebutuhan proses pembelajaran.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.