Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 22 Pekanbaru Analysis of Learning Styles of Grade VIII Students in Science Subjects at SMP Negeri 22 Pekanbaru

Main Article Content

Liza Fadillah Tunnisa
Nurul Fauziah

Abstract

Peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru sebagai seorang pendidik harus memahami gaya belajar masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Belajar Peserta didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA (Biologi) di SMP Negeri 22 Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 221 Peserta didik yang terdiri dari 6 kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 132 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan ketentuan sampel 20% dari jumlah populasi diketahui jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA (Biologi) di kelas VIII SMP Negeri 22 Pekanbaru yang terdiri dari peserta didik tipe gaya belajar visual dengan persentase 41%, peserta didik tipe gaya belajar auditorial dengan persentase 30% dan peserta didik tipe gaya belajar kinestetik dengan persentase 37%. Berdasarkan hasil dari penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik SMP Negeri 22 Pekanbaru didominasi oleh tipe gaya belajar visual dengan persentase 41%.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tunnisa, L. F., & Fauziah, N. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 22 Pekanbaru: Analysis of Learning Styles of Grade VIII Students in Science Subjects at SMP Negeri 22 Pekanbaru. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(2), 1-9. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v13i2.27792
Section
Articles