Pendekatan STEM Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Untuk Meningkatkat Critical Thinking Skill Dan Science Process Skill The STEM Approach in the Development of Middle School Science Learning Tools to Improve Critical Thinking Skills and Science Process Skills
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan berupa RPP, LKS, dan assessment keterampilan critical thinking dan scinence process skill. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Metode R & D yang digunakan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi kelayakan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM yang dikembangkan. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis kelayakan perangkat pembelajaran oleh dua dosen ahli, tiga guru IPA, dan lima belas orang siswa pada uji lapangan terbatas untuk mengetahui respon siswa terhadap LKS yang dikembangkanHasil penelitian berupa hasil validasi pengembangan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM oleh dosen ahli, dan guru IPA. Rata-rata hasil validasi RPP yang dikembangkan yaitu 97% yang berada dalam kategori sangat baik. LKS yang dikembangkan juga memperoleh skor validasi 3.36 yang berada pada kategori baik. Hasil kelayakan lembar observasi untuk menilai keterampilan critical thinking dan science process skill siswa masing-masing memperoleh skor 95.5% dan 88.9% yang berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.