Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Pesantren Darul Qur’an Application of Problem Based Learning to Improve Students' Critical Thinking Ability at Darul Qur'an Islamic Boarding School

Main Article Content

Enni Halimatussa’diyah
Adi Hartono
Afifah Luftiah Tantri
Linawati Linawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darul Qur’an, di Jl. Ps.1, Amplas, Kec.Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis. Meta analisis adalah metode yang menganalisis data dari penelitian primer, yang hasilnya digunakan sebagai dasar untuk menerima atau mendukung suatu hipotesis. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan jumlah peserta didik 32 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal tes Dalam penelitian ini pretest dilakukan untuk mengukur pola berpikir kritis siswa pada materi sistem eksresi yang belum di sampaikan dan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi peserta didik. Dimana pola pikir kritis itu sendiri harus dimiliki peserta didik dalam mengatasi permasalahan yang muncul pada materi. Pemikiran kritis yaitu kemampuan dari diri seseorang untuk mengeluarkan pendapatnya melalui potensi berfikirnya. Dapat dinilai dengan cara penyampaiannya secara jelas terhadap permasalahan yang dapat diselesaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Halimatussa’diyah, E. ., Hartono, A. ., Luftiah Tantri, A., & Linawati, L. (2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Pesantren Darul Qur’an: Application of Problem Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Ability at Darul Qur’an Islamic Boarding School. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 27-32. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i1.26642
Section
Articles