Pengembangan Media Pembelajaran Thor Math Pada Materi Trigonometri Development Of Thor Math Learning Media On Trigonometry Materials

Main Article Content

Mal Alfahnum
Maya Masitha Astriani

Abstract

Stigma negatif yang melakat pada pelajaran matematika dan kurangnya media pembelajaran matematika membuat peserta didik sulit memahami materi matematika, sehingga diperlukan media pembelajaran untuk mempermudah peserta didik memahami materi. Peneliti memiliki tujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran THOR MATH pada materi trigonometri dan menguji efektifitas media tersebut. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain Model Pengembangan Insrtuksional (MPI) dari atwi suparman yang dilaksanakan di sekolah MA TMI Az-Ziyadah kepada 27 orang peserta didik kelas X dengan materi trigonometri. Setelah pengembangan media selesai dilakukan evaluasi ahli media, diperoleh nilai rerata keseluruhan sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Evaluasi ahli materi dengan perolehan rerata keseluruhan sebesar 98 % dinyatakan sangat baik. Evaluasi satu-satu diperoleh rerata sebesar 92% dikategorikan sangat baik. Evaluasi kelompok kecil ditemukan rerata sebesar 98% dikatakan sangat baik. Uji coba lapangan untuk pretest mendapatkan hasil rerata sebesar 35%, untuk posttest memperolah hasil rerata sebesar 80%, terlihat adanya peningkatan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga media pembelajaran THOR MATH pada materi trigonometri layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfahnum, M., & Masitha Astriani, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Thor Math Pada Materi Trigonometri : Development Of Thor Math Learning Media On Trigonometry Materials . Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(2), 38-49. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i2.26592
Section
Articles