Penggunaan Media Ajar Gambar 2D Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Topik Ekologi The Use of 2D Image Teaching Media to Increase Student Learning Motivation on Ecology Topics

Main Article Content

Kaysa Asiroh Farizi
Lilit Rusyati
Wiwin Sriwulan
Mohammad Ikhsanul Hakim

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas Tauhid VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung pada tahun pelajaran 2022/2023. Tujuannya adalah mengatasi masalah kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap IPA, khususnya materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia. Media ajar gambar dua dimensi digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media ajar gambar dapat meningkatkan motivasi belajar dalam materi ekologi dan keanekaragaman hayati pada peserta didik kelas Tauhid VII. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPA pada peserta didik kelas Tauhid VII dengan penggunaan media ajar gambar dua dimensi. Angket motivasi belajar peserta didik mengindikasikan peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Rata-rata motivasi peserta didik awalnya 3,55 meningkat menjadi 3,68 setelah perlakuan pada siklus I, dan kembali meningkat dari 3,68 menjadi 3,89 setelah perlakuan perbaikan pada siklus II, dengan rentang nilai maksimal 5.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farizi, K. A., Rusyati, L. ., Sriwulan, W., & Hakim, M. I. (2023). Penggunaan Media Ajar Gambar 2D Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Topik Ekologi: The Use of 2D Image Teaching Media to Increase Student Learning Motivation on Ecology Topics. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 33-43. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i1.26426
Section
Articles