Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SD: Metode Studi Literatur Review The Effectiveness of Cooperative Learning on Elementary Students' Mathematical Solving Ability: Literature Review Study Method

Main Article Content

Dhea Rizqkhita Hijrilliawanni
Haninda Putri Khorina
Septian Zuhri Kuncoro
Septiyani Zahrotun Nihmah
Erik Aditia Ismaya
Fina Fakhriyah

Abstract

Model pembelajaran kooperatif adalah model belajar secara berkelompok. Penelitan ini memiliki tujuan mereview artikel untuk mencari bukti secara efisien dan klinis dalam membutikan keefektivitasan pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa sd. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Pengambilan sampel data dengan menganalisis 200 artikel dari publish of perish pada database google scholar kemudian disaring lagi menjadi 14 artikel. Dengan 14 artikel ini dilakukan penyaringan kembali sehingga menemukan 5 artikel untuk di teliti dengan model pembelajaran kooperatif tipe model TGT, STAD,TAPPS, Make A Match, dan Think Talk Write (TTW) mempengaruhi kemampuan pemecahan matematis kearah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kelas kontrol dengan kemampuan pemecahan matematis kurang. Dengan pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemecahan matematis ini dapat diaplikasikan untuk proses kegiatan belajar di sekolah untuk memecahkan permasalahan matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hijrilliawanni, D. R., Khoirina, H. P., Kuncoro, S. Z., Nihmah, S. Z. ., Aditia Ismaya, E., & Fakhriyah, F. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SD: Metode Studi Literatur Review: The Effectiveness of Cooperative Learning on Elementary Students’ Mathematical Solving Ability: Literature Review Study Method. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 12-19. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i1.25831
Section
Articles