Deskripsi Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Di SMA 6 Muaro Bulian

Description of Basic Science Process Skills of Students at SMA 6 Muaro Bulian

Authors

  • Astalini Astalini Universitas Jambi
  • Darmaji Darmaji Universitas Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi
  • Wita Ardina Putri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i1.25423

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Fisika, SMAN 6 Muara Bulian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa pada materi rangkaian arus searah di SMAN 6 Muara Bulian. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitaitf. Metode deskriptif merupakan suatu metode yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah data yang diperoleh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains siswa serta dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Sampel dari penelitian ini yaitu SMAN 6 Muara Bulian. Subjek yang diambil yaitu siswa kelas XII IPA yang berjumlah 30 responden. Penelitian ini hanya melihat keterampilan proses sains dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Keterampilan proses sains dasar yang di amati yaitu indikator mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan. Hasil dari persentasi indikator mengamati yaitu 50% dengan kategori baik, mengklasifikasi 40% dengan kategori baik, memprediksi 36,7% tergolong dalam kategori cukup, mengukur 53,5% tergolong kategori baik, mengkomunikasikan 36,7% dengan kategori baik, dan menyimpulkan 53,5% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa di SMAN 6 Muara Bulian dapat dikategorikan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Putri, W. A. (2022). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Di SMA 6 Muaro Bulian: Description of Basic Science Process Skills of Students at SMA 6 Muaro Bulian. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(2), 1-11. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i1.25423

Issue

Section

Articles