Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII Melalui Percobaan Sederhana pada Pelajaran IPA

Analysis Of Class VIII Students' Logical Thinking Ability Through Simple Experiments in Science Lessons

Authors

  • Nur Arifiya Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i2.25279

Keywords:

Berpikir Logis, IPA, Percobaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir logis siswa untuk mencari sebab akibat dan menemukan benang merah dari percobaan sederhana yang telah dilakukan.  Aktivitas siswa dalam berpikir logis yaitu berusaha menjelaskan apa yang telah diperoleh dan melatih siswa untuk melakukan aktifitas yang lebih luas dalam menarik kesimpulannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Penelitian dilakukan di SMP Islam Bojonggede Bogor, peserta didik kelas VIII berjumlah 12 orang siswa. Peserta didik diberikan tugas percobaan sederhana untuk materi gelombang dan bunyi dengan menggunakan alat yang sederhana, percobaan ini dilakukan secara individu serta dibuat laporan tertulis masing-masing siswa dan secara kelompok dalam presentasinya. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa subjek yangmemiliki kemampuan lebih baik, jika focus dan motivasinya baik. Maka akan menghasilkan berpikir logis yang baik pula, namun jika kurang focus dan motivasinya tidak maksimal, maka kemampuan berpikir logisnya akan lebih rendah dengan subjek yang memiliki kemampuan dasarnya di bawah subjek tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Arifiya, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII Melalui Percobaan Sederhana pada Pelajaran IPA: Analysis Of Class VIII Students’ Logical Thinking Ability Through Simple Experiments in Science Lessons. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(2), 1-7. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i2.25279

Issue

Section

Articles