Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Perbedaan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Palu The Effect of Computer Assisted Learning and Differences in Learning Motivation on Physics Learning Outcomes of SMAN 5 Palu
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan komputer dan pembelajaran konvensional, melihat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan yang memiliki motivasi belajar rendah dan melihat pengaruh antara pembelajaran berbantuan komputer dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 3 yang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data melalui tes hasil belajar dan angket motivasi belajar fisika. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik ANOVA dua arah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran berbantuan komputer dengan pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan yang memiliki motivasi belajar rendah dan (3) terdapat pengaruh antara pembelajaran berbantuan komputer dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih baik hasil belajarnya dari pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, terutama pada kelas yang menggunakan pembelajaran berbantuan komputer.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.