Meningkatkan HOTS Peserta Didik SMPN 22 Tanjab Timur Menggunakan Model Problem Based Learning Improving HOTS of SMPN 22 Tanjab Timur Students Using Problem Based Learning Model
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan HOTS peserta didik SMPN 22 Tanjab Timur dalam penyelesaian soal dengan menganalisa, mengevaluasi, dan mengkreasi pada materi getaran dan gelombang dengan menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian adalah penelitian campuran dengan menggunakan desain ekplanatori. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, Instrumen Penilaian afektif, psikomotorik dan kognitif serta respon pesert didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model problem based learning dengan tahapan sintak lebih memudahkan peserta didik dalam memahami konsep serta menganalisa dan mengevaluasi permasalahan yang dihadapi ketika pembelajaran berlangsung serta lebih meringankan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dilihat dari ranah afektif, kemampuan peserta didik lebih baik dalam berinteraksi dengan pendidik dan teman sebaya dan lebih memahami diri sendiri, ranah afektif mendapatkan skor rerata 3,06. Ranah psikomotorik pada pertemuan pertama skor 2,42 dan pertemuan kedua skor 2,61, Ranah penilaian kognitif dalam pembelajaran di pertemuan pertama dan kedua dengan model PBL mendapatkan skor 70,71 diatas KKM disyaratkan yaitu 70,00. Hasil pengisian angket, peserta didik merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk belajar dengan memecahkan permasalahan yang diberikan di awal pembelajaran.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.