Pembelajaran Geometri Menurut Standar Pengajaran NCTM Dengan Setting Kooperatif Di Smp Negeri 22 Jambi

Authors

  • Rohati Rohati
  • Sri Winarni
  • Elfiati Elfiati

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1409

Abstract

 

Abstrak

 

Dunia pendidikan seakarang menuntut seluruh  proses pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa dan kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan sesama teman dalam kelasnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan menerapkan pengajaran menurut standar National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) dengan setting kooperatif.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah memaparkan bagaimana bentuk pembelajaran geometri menurut standar NCTM dengan setting kooperatif. Penelitian ini juga dilakukan untuk melihat  respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pelaksanaan tindakan dalam setiap siklus penelitian terdiri dari 4 komponen yaitu merencanakan , melaksanakan, mengamati dan merefleksi.

Dari 3 kali siklus yang dilakukan diperoleh peningkatan hasil belajar. Pada siklus ketiga diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 76, 5 yang lebih tinggi dibandingkan siklus sebelumnya. Respon siswa juga menunjukkan perubahan setiap siklus. Hal ini ditunjukkan dengan semakin aktif siswa belajar berkelompok.Empat komponen dalam pengajaran NCTM juga bisa dilaksanakan yaitu berupa tugas-tugas, wacana, lingkungan belajar dan analisis.

 

Kata Kunci : geometri, standar NCTM, setting kooperatif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-04-15 — Updated on 2013-04-15

Versions

How to Cite

Rohati, R., Winarni, S., & Elfiati, E. (2013). Pembelajaran Geometri Menurut Standar Pengajaran NCTM Dengan Setting Kooperatif Di Smp Negeri 22 Jambi. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1409

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>