Pengembangan Soal Tipe Pisa Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Aisyah -

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1392

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan soal-soal tipe PISA yang valid dan praktis; 2) mengetahui efek potensial soal matematika tipe PISA terhadap kemampuan matematis siswa SMP N 3 Palembang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian ini yaitu siswa SMPN 3 Palembang kelas IX10 sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah walk trough untuk mengetahui validitas soal secara konten, konstruk, dan bahasa; dokumentasi untuk mengetahui kepraktisan soal; tes dan wawancara untuk mengetahui efek potensial soal matematika tipe PISA terhadap kemampuan matematis siswa SMP. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan 1) perangkat soal tipe PISA sejumlah 14 butir soal berbentuk uraian non objektif yang memiliki enam level kesulitan dalam PISA yang valid dan praktis. 2) perangkat soal tipe PISA mempunyai efek potensial yaitu dapat memicu siswa untuk mengeksplor kemampuan matematis siswa.

 

Kata kunci: penelitian pengembangan (development research), soal tipe PISA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-04-15 — Updated on 2013-04-15

Versions

How to Cite

-, A. (2013). Pengembangan Soal Tipe Pisa Di Sekolah Menengah Pertama. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1392