KONTRIBUSI STATUS GIZI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESEGARAN JASMANI MAHASISWA PORKES UNJA

Authors

  • Muhammad Ali

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v1i1.700

Abstract

Kontribusi Status Gizi dan Motivasi Belajar Terhadap Kesegaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Masalah penelitian ini adalah rendahnya tingkat kesegaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang: (a) kontribusi status gizi terhadap kesegaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi; (b) kontribusi motivasi belajar terhadap kesegaran jasmani; (c) kontribusi status gizi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kesegaran jasmani. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa putra semester 4 (empat) Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi tahun akademik 2008/2009 yang berjumlah 122 orang mahasiswa. Penarikan sampel dengan mengunakan Proportional Random Sampling sebesar 50% dari populasi maka didapat sampel 61 orang mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi secara sederhana dan ganda. Hipotesis 1 dan 2 dianalisis dengan korelasi dan regresi sederhana formula Product Moment, sedangkan hipotesis 3 dianalisis dengan korelasi dan regresi ganda melalui program SPSS (Statistical Product and Service Solution for Windows versi 16). Hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara status gizi terhadap kesegaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi sebesar 10, 24%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kesegaran jasmani sebesar 9, 61%; (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara status gizi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kesegaran jasmani mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi sebesar 45, 83%.

 

Kata Kunci: Status Gizi, Motovasi Belajar, Kesegaran Jasmani, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-01-14 — Updated on 2013-01-14

Versions

How to Cite

Ali, M. (2013). KONTRIBUSI STATUS GIZI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESEGARAN JASMANI MAHASISWA PORKES UNJA. Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.22437/csp.v1i1.700