PERBEDAAN PERMAINAN MEMINDAHKAN BOLA DAN PERMAINAN HITAM HIJAU TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR LARI PADA TAMAN KANAK-KANAK MUSLIM KOTO BARU

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.6223

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan gerak dasar berlari serta kurangnya penerapan untuk meningkatkan motorik kasar.

Berdasarkan latar belakang diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan permaianan memindahkan bola dan hitam hijau dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar berlari pada taman kanak-kanak  Muslim Koto Baru.

Penelitian ini dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan dengan intensitas dua sampai tiga kali seminggu. Penelitian ini dilaksanakan di taman kanak-kanak Muslim Koto Baru. Sampel yang diteliti sebanyak 12 orang dengan dibagi 2 kelompok. Kelompok dibagi dengan menggunakan teknik ordinal pairing. Pengumpulan data dalam penilitian ini dengan cara melakukan tes keterampilan gerak dasar berlari 20 meter pada tes awal dan diakhiri dengan tes akhir.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis pada tes awal dan akhir. Setelah dilakukan pengolahan data menggunakan uji-t yang mana didapatkan hasil untuk permainan memindahkan bola didapatkan hasil thitung 11,18 lebih besar dibandingkan ttabel 2,015.sedangkan permainan hitam hijau didapatkan hasil thitung 7,96 lebih besar dibandingkan ttabel 2,015. Melihat hasil perhitungan data tersebut menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini disebabkan masing-masing kelompok mempunyai perlakuan berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa permainan memindahkan bola lebih baik.

Berdasarkan uraian diatas maka hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan permainan memindahkan bola dan permainan hitam hijau terhadap keterampilan gerak dasar lari pada taman kanak-kanak  Muslim Koto Baru.

Kata Kunci : Keterampilan Gerak Dasar Lari, Permainan Memindahkan Bola, Permainan Hitam Hijau

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

PERBEDAAN PERMAINAN MEMINDAHKAN BOLA DAN PERMAINAN HITAM HIJAU TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR LARI PADA TAMAN KANAK-KANAK MUSLIM KOTO BARU. (2023). Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 7(2), 54-69. https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.6223