This is an outdated version published on 2023-10-04. Read the most recent version.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN PENDEKATAN BERMAIN

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.6222

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurang baik kemampuan dribbbling sepakbola SSB Alam Sakti Kabupaten Kerinci. Hal ini terlihat dari test pada fase awal yang mana hanya 12% dari 25 orang siswa yang mendapat nilai kriteria baik. Untuk mengatasi hal ini dilakukan penelitian dengan memberikan latihan pendekatan bermain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dribbling sepakbola siswa dengan pendekatan  bermain, sebanyak 75% pada kriteria baik.

 Penelitian tindakan ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan jumlah sampel 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan berdasarkan buku Tes Keterampilan Sepakbola Usia 10-12 Tahun dengan bentuk test dribbling zig-zag. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk melihat peningkatan kemampuan dribbling sepakbola siswa SSB berdasarkan fase awal, siklus I dan siklus II.

Dari hasil analisis data yang diolah dari 25 orang siswa pada siklus I hanya 52% atau 13 orang siswa pada kriteria baik. Pada tindakan yang dilaksanakan pada siklus II sudah mencapai 80% atau 20 orang siswa pada kriteria baik. Dengan demikian, latihan pendekatan bermain yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan  ini sudah sangat tepat diberikan kepada anak seusia 10-12 tahun dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan dribbling sepakbolanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-04

Versions

How to Cite

MENINGKATKAN KEMAMPUAN DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN PENDEKATAN BERMAIN. (2023). Cerdas Sifa Pendidikan, 7(2), 42-53. https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.6222