PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GLOBAL DAN ELEMENTER TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK BATTING (MEMUKUL BOLA) ATLET CRICKET UNIVERSITAS NEGERI PADANG
DOI:
https://doi.org/10.22437/csp.v7i2.6219Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah atlet Cricket Universitas Negeri Padang masih melakukan kesalahan dalam batting (memukul bola), Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan teknik batting adalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik batting (memukul bola) dengan cara menggunakan metode pembelajaran global dan elementer.
Metode penelitian adalah eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi pada penelitian ini adalah atlet Cricket Universitas Negeri Padang yang berjumlah 30 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive Sampling, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 atlet junior putra. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t Dependent dan Independent Variable.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Metode pembelajaran global memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan teknik batting atlet Cricket Universitas Negeri Padang, terbukti rata-rata tes awal (17.25) dan rata-rata tes akhir menjadi (32. 75) dengan t hitung (8,41) > t table (2,36) pada α = 0,05. (2) Metode pembelajaran elementer memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan teknik batting atlet Cricket Universitas Negeri Padang terbukti rata-rata tes awal (17.75) dan rata-rata tes akhir menjadi (37.25) dengan t hitung (7,04) > t table (2,36) pada α = 0,05. (3) Metode elementer tidak lebih efektif dari metode global terhadap peningkatan keterampilan teknik batting atlet Cricket Universitas Negeri Padang terbukti rata-rata metode global (32.75) dan rata-rata metode elementer (37.25) dengan t hitung (1,09) < t table (2,36) pada α = 0,05.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Global, Metode Pembelajaran Elementer, Teknik Batting
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-12-01 (1)
- 2023-10-04 (1)