Peran Permainan Egrang dalam Melatih Keseimbangan Tubuh Anak

Authors

  • Mela Suhariyanti Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Lampung
  • Maya Setia Priyadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Lampung
  • Izzah Azizah Alhadi Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Lampung
  • Meutia Rachmatia Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.33677

Keywords:

Permainan, Egrang, Keseimbangan

Abstract

Egrang berperan penting dalam mengembangkan keseimbangan tubuh anak. Egrang merupakan alat tradisional yang membutuhkan keseimbangan yang baik agar dapat digunakan dengan lancar. Melalui permainan ini, anak secara tidak langsung dilatih untuk mengatur dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Keterampilan ini sangat penting untuk perkembangan motorik anak. Dengan bermain egrang secara rutin, anak dapat meningkatkan koordinasi antar ototnya dan mengembangkan kemampuan mengatur tubuhnya dengan lebih baik. Selain itu, egrang juga melibatkan berbagai gerakan tubuh yang membantu memperkuat otot inti anak, yang merupakan landasan penting bagi keseimbangan tubuh yang baik. Bermain panggung juga dapat membantu anak memahami konsep bagaimana tubuh mereka berinteraksi dengan gravitasi dan gaya lain yang mempengaruhi keseimbangan. Jenis penelitian literatur review. Melalui pengalaman bermain egrang, rasa percaya diri anak juga dapat meningkat karena berhasil mengatasi tantangan menjaga keseimbangan tubuhnya. Hal ini dapat memperkuat mental dan emosional mereka serta memberi mereka rasa pencapaian yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnes, Muh. Asri Hente, and Abd Salam. (2022). “Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Batok Kelapa Pada Kelompok B TK Panas Baja Marawola Barat.” Jurnal Kolaboratif Sains 4 (2): 88–99.

Agun, Muh Haidir, Kurnia Putri Utami, and Nungki Marlian Yuliadarwati. (2018). “Permainan Tradisional Egrang Tempurung Kelapa Sebagai Latihan Keseimbangan Dinamis Pada Anak.” Jurnal Sport Science 2 (1): 7–11.

Agustin, Nurul Widya, Ari Susandi, and Devy Habibi Muhammad. (2021). “Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Paud Kamboja Probolinggo.” Falasifa 12 (2): 33–44.

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Suhariyanti, M., Priyadi, M. S., Alhadi, I. A., & Rachmatia, M. (2024). Peran Permainan Egrang dalam Melatih Keseimbangan Tubuh Anak. Cerdas Sifa Pendidikan, 13(1), 16-25. https://doi.org/10.22437/csp.v13i1.33677