Survei Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Sarana dan Prasarana Olahraga di SMP Negeri Se-Kecamatan Sarolangun

Authors

  • Ahmad Sohibuz Zikri Universitas Jambi
  • Alexander Kurniawan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v12i2.27204

Keywords:

Survey, Tingkat Kepuasan Siswa, Sarana dan Prasarana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana olahraga di SMP Negeri Se Kecamatan Sarolangun yaitu dengan Kuesioner atau angket. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan data penelitian yaitu data kuantitatif, yang didapat melalui instrumen berupa Kuesioner atau angket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  survey. Hasil penelitian ini berupa Tingkat kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana PJOK di SMP Negeri Se Kecamatan Sarolangun, secara keseluruhan memperoleh nilai maksimal : 129,00 ; nilai minimal: 100 dengan hasil dari berbagai kategori seperti sangat puas 7 atau 6%, frekuensi dengan kategori puas 36 atau 30%, frekuensi dengan kategori cukup puas 41 atau 34%, frekuensi dengan kategori tidak puas 0 atau 0%, frekuensi dengan kategori sangat tidak puas 38 atau 31%. Sarana olahraga di SMP Negeri Se Kecamatan Sarolangun terbatas dan tidak terawat dengan baik. Beberapa sarana olahraga tidak layak digunakan karena rusak atau tidak dapat digunakan lagi, dan guru tidak selalu menggunakannya selama proses pembelajaran.

Kata Kunci: Survey, Tingkat Kepuasan Siswa, Sarana dan Prasarana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Agus S. Suryobroto. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Agus M. (2010). Artikel Pokok-Pokok Pikiran Manajemen Kelas Olahraga. Asdep Penerapan Iptek Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia.

Djamarah. S. B. & Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwika. (2010). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu Bangkinang. Pekbis Jurnal, Vol.2, No.2.

Desmita.(2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Elis. (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Charly Vht Family Karaoke Cabang Garut). Jurnal Manajemen, Vol.14, No.2.

Fahmi, Dkk. (2020). Peningkatan Kepuasan Mahasiswa Melalui Kualitas Pelayanan Akademik (Studi Kasus Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (Jiam) Vol.16, No.1.

Hendriadi, O. G. (2021). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9, 2.

Husdarta & Saputra, Y. M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang RI Nomor 3, Tahun 2005, tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Richard F.Gerson. (2018). Mengukur Kepuasan Pelanggan (Measuring Customer Satisfaction).

Riduwan & Engkos (2014) Cara Menggunakan dan Memakai Path Analisis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta

Sugihartono, dkk, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Syaiful.S (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sukintaka. (2001). “Teori Pendidikan Jasmani”. Solo: Esa Grafika.

Sunarta. 2019. Pentingnya Kepuasan Kerja. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus 2019, Vol. Xvi No. 2.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: IN MEDIA

Slameto, (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tatag & Pardiyono (2014). Analisis Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar pada PISA. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 158-164.

Yahyagil, M. Y. (2015). Values, Feelings, Job Satisfaction And Well-Being: The Turkish Case. Management Decision, 53(10).

Widodo, T. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Solo: UNS Pres.

Published

2023-11-01

How to Cite

Sohibuz Zikri, A., & Kurniawan, A. (2023). Survei Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Sarana dan Prasarana Olahraga di SMP Negeri Se-Kecamatan Sarolangun. Cerdas Sifa Pendidikan, 12(2), 84-96. https://doi.org/10.22437/csp.v12i2.27204