Perbandingan Latihan Smash Antara Bola Dilambung Sendiri dengan Bola Dilambung Teman Terhadap Kemampuan Smash Kedeng Dalam Sepak Takraw Siswa SDN 57/X Kampung Laut Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Authors

  • SUDIRMAN SUDIRMAN JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2648

Abstract

ABSTRAK

Berhasilnya suatu tujuan dalam memperbaiki pelatihan olahraga sepak takraw terutama teknik smash kedeng tergantung bagaimana proses latihan dan metode latihan yang dilakukan. Hal ini tidak terlepas dari peranan guru ataupun pelatih sebagai orang yang terlibat langsung dalam pelatihan, membuat, ataupun menyusun program latihan tersebut agar tidak membosankan siswa atau atlit itu sendiri dengan berbagai variasi bola yang diumpan.

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan antara latihan bola dilambung sendiri dengan bola dilambung teman terhadap kemampuan smash kedeng. Sebagai jawaban sementara dari penelitian ini diajukan hipotesis, yaitu : “latihan bola dilambung teman lebih baik dari pada latihan bola dilambung sendiri terhadap kemampuan smash kedeng pada permainan sepak takraw siswa SDN 57/XKampung LautKecamatan Kuala Jambi KabupatenTanjungJabungTimurâ€.

Metodedalampenelitianiniadalaheksperimen.Populasipenelitianiniadalah 16 orang, kemudian dibentuk menjadi 2 kelompok sampel yang masing-masing kelompok terdiri dari 8 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Setelah dilakukan tes awal kemudian dibagi secara seimbang dengan cara “ordinally matching pairingâ€.

Data kemampuan smash kedeng diperoleh dari instrument penelitian berupa tes keterampilan smash kedeng. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji kesamaan rata-rata guna melihat hasil metode latihan bola dilambung sendiri pada kelompok eksperimen I dan latihan bila dilambung teman pada kelompok eksperimen II. Sebelum dilakukan pengujian tersebut, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji lilifors dan uji homogenitas dengan uji f.

Kata Kunci : Latihan, smash, smash kedeng, sepak takraw.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-01 — Updated on 2015-03-01

Versions

How to Cite

SUDIRMAN, S. (2015). Perbandingan Latihan Smash Antara Bola Dilambung Sendiri dengan Bola Dilambung Teman Terhadap Kemampuan Smash Kedeng Dalam Sepak Takraw Siswa SDN 57/X Kampung Laut Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.22437/csp.v4i1.2648